Apa itu engagement rate?

Jadi engagement rate di instagram adalah rasio interaksi yang di dapat sebuat konten ( misalnya post feed instagram ). Sudah tau kan bahwa di Instagram ada 4 jenis interaksi yaitu like, Comment, share, dan save. Nah 4 Jenis ini yang mempengaruhi nilai dari Engagement Rate nya.

Instagram itu ga tau isi sebuah konten ( apa yang kamu post ), tapi machine learning dari instagram mengecek jumlah interaksi dari kontenmu ( post feed ).

Langkah awal, pastikan posting secara konsisten selama 30 hari pertama. Setelah itu, tentu sudah dapat datanya… bisa urutkan jumlah like.

Pada Account Post Insight, coba amati semua aspek yang muncul. tapi pada umumnya karena “tampilan yang keren”

selanjutkan coba urutkan berdasarkan jumlah comment. Kemudian perhatikan apa yang muncul. Dan biasanya tergantung dengan Trend dan Topik yang ada pada konten ( post feed ). Termasuk captionnya yaa.

Berikutnya interaksi Share, menganalisa jenis konten mana yang paling sering di share.

Dan yang paling terakhir adalah urutkan jumlah save nya. Membuat konten yang membuat orang banyak melakukan “save” tentunya konten harus berbobot. Coba pikirkan, informasi apa yang layak disimpan pada industri kamu tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah kamu harus memahami dari keempat aspek interaksi di Instagram memiliki daya tarik sendiri. Tapi memang tidak mungkin bisa mendapatkan semua yang sama rata untuk 4 jenis interaksi tersebut. Tapi coba fokus ada konten yang bikin orang untuk “save”. Karena, konten ini minimal ada yang komentar dengan topik yang menarik. Selain fokus pada “save” ini bisa di pikirkan yang bikin orang untuk mau “share”. Biasanya topik yang lagi hangat atau trend.

… dan kalau kamu ingin belajar tentang Cara Mengembangkan Instagram secara Organik, cek di link ini yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *